Palembang, 27 Juli 2022-Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 meloloskan empat (4) Mahasiswa Universitas Sumatera Selatan dari Prodi Ilmu Komunikasi dari 11 mahasiswa prodi ilmu komunikasi yang mendaftar PMM 2. Setelah melalui tahapan seleksi yang panjang mulai dari pendaftaran yang bersaing dengan 35.107 ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kemudian mengikuti simulasi Khebinekaan pada tanggal 7 Juni 2022 dan dilanjutkan dengan survei Khebinekaan pada tanggal 8 Juni 2022 yang harus diikuti seluruh peserta pendaftar PMM 2022 sebagai syarat dalam mengikuti PMM 2 dan yang lolos adalah 12.722 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Ke-4 mahasiswa tersebut dinyatakan lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan 2022 melalui program Kampus Merdeka pada tanggal 5 Juli 2022 yang di umum kan melalui akun PMM masing-masing mahasiswa. Ke-4 mahasiswa tersebut yaitu Ani Sagita (4) lolos di Institut Seni Yogyakarta Indonesia dengan no urut 48, Agung Apriwijaya Kusuma (4) lolos di Universitas Patttimura Maluku dengan no urut 13, Wahyu Ridho Pirmansyah (2) lolos di Universitas Islam Bandung dengan no urut 45 dan Mutiara Syarafina (2) lolos di Universitas Atmajaya Yogyakarta dengan no urut 21.  Ke-4 mahasiswa tersebut mengikuti pembekalan pertama pada tanggal 16 Juli 2022 tentang sistem keberangkatan mahasiswa PMM ke lokasi PT penerima masing-masing. Sementara pembekalan ke-2 pada tanggal 26 Juli 2022 tentang Khebinekaan.

Adapun kesan dan pesan yang disampaikan oleh dari ke-4 mahasiswa yang lolos PMM 2 dari Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Sangat senang, bangga, terharu dan juga bersyukur karena bisa menjadi bagian dari PMM 2 ini. Pesan untuk mahasiswa Universitas Sumatera Selatan adalah jangan pernah takut untuk bersaing walaupun kita berasal dari universitas yang swasta asalkan kita ada kemauan kita pasti bisa (ujar Ani Sagita). Banyak sekali harapan dan cita-cita yang ingin di gapai dalam program PMM 2 ini suatu kehormatan bagi saya bisa lolos seleksi ke perguruan tinggi negeri di Maluku. Bahagia dan sedih campur jadi satu setelah dinyatakan lolos seleksi PMM 2 dan ini adalah sesuatu perjalanan hidup yang baru bagi saya dan perjalanan karir dimulai. Pesan ; jangan pernah takut gagal untuk memulai. Kegagalan mu di usia muda adalah suatu proses perjalanan karirmu dan yang harus di ingat jatah kegagalanmu di usia muda itu adalah sesuatu proses perjalanan hidup untuk menuju ke masa depan yang cerah ( ujar Agung awk ).  Rasa senang dan bangga karena lolos PMM 2 di Unisba. Pesan untuk seluruh mahasiswa tetap mencoba dan jangan pernah takut gagal (ujar Wahyu). Yang pasti bahagia setelah lolos PMM 2 di Atmajaya di Kota pelajar. Pesan sebagai seorang mahasiswa kita harus tetap optimis dan keluarlah dari zona nyamanmu. (Ujar Mutiara).

Berdasarkan data yang di dapat dari pembekalan yang diadakan oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi Bapak Adly,S.Sos.I.,M.Sc pada tanggal 20 Juli 2022 yang mengatakan bahwa memang ke-4 mahasiswa yang lolos pada program PMM 2 tersebut memang mahasiswa berprestasi sehingga kami pihak kampus pun mendukung untuk mereka mengikuti program tersebut karena melalui program PMM 2 mahasiswa bisa bertukar dan belajar banyak hal di tempat baru. Tidak hanya itu saja pihak kampus juga sangat mengapresiasi  ke-4 mahasiswa tersebut karana bisa lolos dan menjadi bagian dari PMM 2 yang bersaing dengan ribuan mahasiswa yang ada Indonesia (ujar Kaprodi).

Komunikasi banyak prestasi, come join us!

Leave a Reply

Your email address will not be published.